Halo Assalamu'alaykum

Minggu, 22 Mei 2011

TIGA JENIS RESIKO SEBAGAI SEORANG MAHASISWA

RESIKO AKADEMIS:

1. Nilai atau IPK kecil
Karena pelajaran saat kuliah mulai sulit dan kita tidak siap menghadapinya, bisa menyebabkan nilai kita kecil, untuk itu kita harus lebih banyak belajar dan bertanya agar kita memahami pelajaran tersebut.
2. Banyak tugas
Dosen biasanya juga mengambil nilai tugas, sehingga kita mendapatkan banyak tugas, untuk itu kita jangan menunda untuk mengerjakan tugas dan agar tidak lupa sebaiknya kita menyediakan buku khusus untuk mencatat tugas dan deadlinenya.
3. Ketinggalan informasi
Saat kuliah berbagai informasi akademis maupun non akademis biasanya diberitahukan secara online melalui website universitas ataukita harus mencaritahu sendiri, untuk itu kita harus aktif mencaritahu atau bertanya agar update informasi.

RESIKO PERGAULAN:

1. Pergaulan negatif
Ketika menjadi seorang mahasiswa kita akan memasuki tahap peralihan, di SMA yang biasanya penuh dengan peraturan kini beralih menjadi lebih bebas, selain itu ada jiga mahasiswa yang tinggal di tempat kost. Akibat peralihan dan peraturan yang lebih bebas ini bisa menyebabkan kita salah bergaul dan nantinya akan mengarah ke pergaulan negatif seperti narkoba dan sex bebas, untuk menanggulanginya kita harus pintar dalam mencari teman dan bergaul, harus bisa menjaga diri dan yang paling utama adalah selalu beribadah dan dekat kepada Tuhan YME agar iman dan pendirian kita kuat sehingga tidak mudah terpengaruh hal-hal yang negatif.

RESIKO KESEHATAN:

1. Daya tahan tubuh lemah
Akibat jadwal yang padat dan tugas yang banyak biasanya menyebabkan mahasiswa mengalami pola makan tidak teratur dan kurang tidur sehingga daya tahan tubuh menjadi lemah dan gampang sakit, untuk menanggulanginya mahasiswa disarankan untuk bisa membagi waktu untuk mengerjakan tugas dan istirahat, selain itu harus dibarengi dengan asupan makanan yang bergizi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar