Halo Assalamu'alaykum

Selasa, 12 Juni 2012

PERBATASAN DARATAN DAN LAUTAN INDONESIA

Assalamu’allaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Indonesia memiliki wilayah yang cukup luas yang tentunya memiliki wilayah perbatasan yang secara langsung maupun tidak langsung berbatasa dengan negara lain. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan garis pantai sekitar 81.900 kilometer, memiliki wilayah perbatasan dengan banyak negara baik perbatasan darat (kontinen) maupun laut (maritim). Dua pertiga dari wilayah Indonesia adalah laut, implikasinya, hanya ada tiga perbatasan darat dan sisanya adalah perbatasan laut. Perbatasan laut Indonesia berbatasan dengan 10 negara diantaranya Malaysia, Singapura, Filipina, India, Thailand, Vietnam, Republik Palau, Australia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Sedangkan untuk wilayah darat, Indonesia berbatasan langsung dengan tiga negara, yakni Malaysia, Papua Nugini, danTimor Leste dengan panjang garis perbatasan darat secara keseluruhan adalah 2914,1 km. Luasnya wilayah perbatasan laut dan darat Indonesia tentunya membutuhkan dukungan sistem manajemen perbatasan yang terorganisir dan profesional, baik itu ditingkat pusat maupun daerah. Akan tetapi minimnya infrastruktur di kawasan perbatasan telah menunjukkan bahwa pemerintah tidak memiliki sebuah sistem manajemen perbatasan yang baik. Adapun batas-batas wilayah laut Indonesia dengan negara-negara tetangga meliputi: (1) batas laut teritorial, (2) batas zona tambahan, (3) batas perairan ZEE, dan (4) batas landas kontinen. Yang dimaksud laut teritorial adalah wilayah kedaulatan suatu negara pantai yang meliputi ruang udara dan laut serta tanah di bawahnya sejauh 12 mil laut yang diukur dari garis pangkal. Zona tambahan mencakup wilayah perairan laut sampai ke batas 12 mil laut di luar laut teritorial atau 24 mil laut diukur dari garis pangkal. ZEE adalah suatu wilayah perairan laut di luar dan berdampingan dengan laut teritorial yang lebarnya tidak lebih dari 200 mil laut dari garis pangkal; yang mana suatu negara pantai (coastal state) memiliki hak atas kedaulatan untuk eksplorasi, konservasi, dan pemanfaatan sumber daya alam. Landas kontinen suatu negara meliputi dasar laut dan tanah di bawahnya yang menyambung dari laut teritorial negara pantai melalui kelanjutan alamiah dari wilayah daratannya sampai ujung terluar tepian kontinen. Indonesia memiliki sepuluh negara tetangga yang berbatasan, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, India, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, Australia, Palau dan Timor Leste. Semoga bermanfaat. Wassalamu’allaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. http://kawasan.bappenas.go.id/index.php?catid=36:sub-direktorat-kawasan-khusus-perbatasan&id=98:perbatasan&option=com_content&view=article http://bilqisiqlib.wordpress.com/2011/12/04/batas-negara-indonesia/

4 komentar:

  1. boleh nanya,, kalo negara negara yang berbatasan dengan 1 laut , negara apa aja ya? makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ada,,,,,
      tapi ga tau juga .. :D

      Hapus
    2. ╱◥██ Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual aki darmo Yang saya minta ternyata Tembus PUTARAN SINGAPURA , 4D / TGL, 06, APRIL, 2014, DENGAN ANGKA (( 5558 )) Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 500 juta. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Dan saya tidak pikir panjang lagi, langsung saya hub "AKI DARMO" Di DI NOMOR (((082-310-143-355_))) Terimakasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan AKI DAN Jangan Lupa Mampir Di blog AKI DARMO [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]


      ╱◥██ Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual aki darmo Yang saya minta ternyata Tembus PUTARAN SINGAPURA , 4D / TGL, 06, APRIL, 2014, DENGAN ANGKA, (( 5558 )) Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 500 juta. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Dan saya tidak pikir panjang lagi, langsung saya hub "AKI DARMO" Di DI NOMOR (((082-310-143-355_))) Terimakasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan AKI DAN Jangan Lupa Mampir Di blog AKI DARMO [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]


      ╱◥██ Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual aki darmo Yang saya minta ternyata Tembus PUTARAN SINGAPURA , 4D / TGL, 06, APRIL, 2014, DENGAN ANGKA, (( 5558 )) Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 500 juta. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Dan saya tidak pikir panjang lagi, langsung saya hub "AKI DARMO" Di DI NOMOR (((082-310-143-355_))) Terimakasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan AKI DAN Jangan Lupa Mampir Di blog AKI DARMO

      [⌣»̶•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌☀̤̈>>KLIK*DISINI<<☀̤̣̈̇•̵̭̌✽̤̈•̵̭̌«̶⌣]

      KALAU ANDA MEMINAT ATAU MEMINTAH ANGKA 2D,3D,4D,5D,6D,SILAH KAN SMS ATAU HBG,AKY DARMO…
      ATAU ADA MINAT MEMBELI TUYUL,DAN SEGALAH KESUSAHAN PASTI ADA HIKMANYA…

      Hapus
  2. bisa dipakek buat PR,,,,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus