Halo Assalamu'alaykum

Minggu, 05 Desember 2010

KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR

Kepribadian suatu bangsamerupakan cerminan dari budaya dan karakter dari bangsa itu sendiri. Kebudayaan merupakan ciri khas dan kebiasaan dari masing-masing daerah. Dalam wacana ini saya akan membahas tentang kepribadian bangsa timur yang didominasi oleh negara-negara di Benua Asia, khususnya Indonesia. Let’s check it out!

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kekayaan alam dan beriklim tropis karena terletak di sekitar garis khatulistiwa. Bentuk negara kepulauan menyebabkan beranekaragamnya kebudayaan yang ada di Indonesia. Akan tetapi, meskipun memiliki beranekaragam budaya, Indonesia tetap bisa bersatu,hidup dengan satu semboyan ‘ Bhineka Tunggal Ika ‘ yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu. Dari semboyan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa adanya rasa persatuan dan solidaritas yang mencerminkan pribadi Bangsa Indonesia.

Selain memiliki rasa solidaritas yang tinggi, kita juga sudah mengetahui bahwa pandangan orang-orang terhadap Bangsa Indonesia adalah terkenal sebagai bangsa yang ramah, masyarakat Indonesia yang murah senyum dan mudah untuk beradaptasi serta berbaur terhadap lingkungan sekitar menunjukan keramah-tamahan Bangsa Indonesia.

Ada juga satu kebudayaan yang diturunkan dari Nenek moyang yaitu gotong-royong. Untuk mengerjakan sesuatu atau untuk mencapai tujuan tertentu tepat pada waktunya, gotong-royong ini memang sangat dibutuhkan, selain hemat waktu dan hemat tenaga, gotong-royong ini juga dapat dijadikan sebagai pemupuk rasa persatuan dan mempererat tali silahturahmi.

Tutur kata yang sopan dan halus juga merupakan nilai plusbagi Bangsa Indonesia khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta ( DIY ) dan Jawa Tengah. Dari tutur kata yang sopan dan halus akan menimbulkan rasa nyaman apabila kita berbicara dengan yang lainnya sehingga munculah pribadi Bangsa Indonesiayang saling terbuka antara yang satu dengan yang lainnya, sehingga suasana kekeluargaan pun semakin kental.

Dilihat dari keseharian masyarakat Indonesia yang masih disisipkan oleh aktivitas kebudayaan, yaitu dengan selalu berusaha memperkenalkan kepada generasi muda budaya dari masing-masing daerah seperti dalam bentuk rumah adat, pakaian adat, tarian, lagu, makanan khas, bahasa daerah, dan juga kepercayaan terhadap mitos-mitos yang sudah ada sejak dahulu menunjukan bahwa pribadi Bangsa Indonesia sangat mencintai dan kental akan kebudayaan daerah.

Di samping memiliki banyak kepribadian yang sangat baik, Bangsa Indonesia juga tak luput dari kekurangan. Mungkin karena terletak di daerah khatulistiwa dan memiliki iklim tropis menyebabkan masyarakat Indonesia malas untuk beraktivitas dan memilih sesuatu yang lebih praktis.

Pengendalian diri yang kurang baik menyebabkan Bangsa Indonesia mudah terpengaruh terhadap budaya baru yang masuk, karena menerima budaya baru tersebut tanpa berfikir baik atau buruknya kebudayaan tersebut atau bisa juga merusak budaya dan kepribadian Bangsa Indonesia itu sendiri.

Dari penjelasan di atas menunjukan bahwa masing-masing kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya berharap kepribadian Bangsa Timur khususnya Indonesia semakin hari semakin bertambah baik tanpa mengurangi dan melanggar norma agama dan norma-norma lain yang berlaku. Semoga wacana ini bermanfaat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Thank you 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar