Halo Assalamu'alaykum

Jumat, 17 Desember 2010

PERUBAHAN KEBUDAYAAN

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kebudayaan merupakan ciri khas dan merupakan kebiasaan dari masing-masing daerah. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan pesatnya perkembangan tekhnologi dan informasi, maka kebudayaan pun ikut berkembang, perkembangan ini mengarah kepada perubahan kebudayaan.

Perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan budaya. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian, yang meliputi kesenian, ilmu pengetahuan, tekhnologi, filsafat dan lainnya. Akan tetapi perubahan tersebut tidak mempengaruhi organisasi sosial masyarakatnya. Ruang lingkup perubahan kebudayaan lebih luas dibandingkan perubahan sosial. Namun demikian dalam prakteknya di lapangan kedua jenis perubahan perubahan tersebut sangat sulit untuk dipisahkan (Soekanto, 1990).

Perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga terjadi keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan. (http://id.shvoong.com/social-sciences/1997178-perubahan-kebudayaan/ ).

Selanjutnya saya akan membahas tentang perubahan kebudayaan di Indonesia. Perubahan kebudayaan di Indonesia yang saya ketahui terlihat pada aspek kesenian, tekhnologi, dan tingkah laku masyarakatnya.

Perubahan kebudayaan dalam aspek kesenian. Perubahan dalam kesenian bisa perubahan dalam bentuk seni tari atau seni musik. Dalam seni tari biasanya perubahan terjadi pada kostumnya, yakni menjadi lebih modis karena mengikuti perkembangan zaman dan menjadi lebih sopan, namun perubahan ini tidak mengubah kostum secara keseluruhan, melainkan hanya sebagian kecil saja. Dalam seni musik perubahan terjadi dengan adanya penggabungan antara musik tradisional dengan musik modern, penggabungan ini dimaksudkan untuk menarik minat para remaja yang kini lebih berminat mendengarkan musik modern yang dianggap lebih bagus dan kurang berminat pada musik tradisional.

Perubahan kebudayaan dalam aspek tekhnologi. Kemajuan tekhnologi yang dipengaruhi dari negara-negara maju misalnya penggunaan komputer atau laptop untuk menyelesaikan pekerjaan dan mengerjakan tugas kuliah. Bahkan dengan adanya komputer atau laptop dalam proses belajar mengajar pun sekarang kita tidak perlu lagi bertatap muka langsung. Dalam bidang komunikasi yang tadinya kita berkomunikasi jarak jauh hanya dengan surat yang dikirim lewat pos, kemudian berkembang lagi menggunakan telepon dan fax, kemudian mobile phone, dan ada juga yang melalui jaringan internet seperti e-mail dan situs jejaring sosial. Dalam bidang transportasi, kini kita sudah mengenal istilah transjakarta dan transyogyakarta yang memiliki shelter khusus untuk menaikan dan menurunkan penumpang, selain itu transjakarta memiliki jalur khusus dan menggunakan bahan bakar gas.

Dengan berkembangnya tekhnologi tersebut berdampak juga pada perubahan kebudayaan dalam aspek tingkah laku masyarakat. Misalnya, dengan berkembangnya tekhnologi dalam bidang komunikasi yang memudahkan kita untuk berkomunikasi tanpa harus bertatap muka langsung membuat masyarakat menjadi malas untuk saling bertemu dan dapat merubah pribadi kita menjadi pribadiyang individualistis.

Dilihat dari perubahan kebudayaan di Indonesia memang banyak perubahan yang membawa pengaruh positif, namun tidak sedikit juga yang membawa pengaruh negatif. Untuk itu saya berharap perubahan kebudayaan haruslah mengarah kepada sesuatu yang positif dengan tetap menghargai kebudayaan terdahulu tanpa merubah ciri khas dari kebudayaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar