Halo Assalamu'alaykum

Minggu, 05 Desember 2010

MAKNA KASIH

KASIH

Kasih yang dalam Bahasa Inggrisnya adalah ‘affection’ pasti sudah tak asing lagi di telinga kita. Anak-anak, remaja, bahkan orang tua pun pasti mengenal dan memiliki kasih, karena kasih tidak memandang siapapun dan kasih tidak memandang perbedaan. Kasih tidak hanya untuk manusia tetapi kasih juga untuk Sang Pencipta, untuk semua makhluk hidup, dan untuk benda-benda yang ada di sekitar kita.

Kasih, sebuah kata sederhananamun memiliki banyak arti. Tergantung bagaimana kita menilainya dan dari sudut pandang mana kita melihatnya. Lalu apa yang dimaksud dengan kasih? Kasih merupakan sesuatu yang dapat dirasakan. Kasih dapat membuat hati kita tenang dan kasih dijalani dengan ikhlas, tanpa pamrih.

Kasih bukanlah amarah, kasih tidak dibarengi dengan emosi, nafsu, dan kebencian. Kasih itu adalah sebuah kepercayaan dan kesabaran, kasih itu adil dan tidak sombong. Kasih tidak akan terhapus seiring berjalannya waktu karena kasih tidak akan habis dan selalu menyertai kehidupan kita, kasih itu abadi dan setia.

Apakah kasih itu penting? Ya, kasih sangat penting bagi kehidupan ini, karena kasih merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Sang Pencipta. Kasih dapat membuat hati tenang sehingga dapat membuat suasana menjadi tentram. Kasih juga dapat membawa suatu kebahagiaan dan kasih tidak dapat digantikan oleh apapun, walaupun dengan emas dan uang sekalipun.
Untuk mendapatkan kasih yang sempurna tentu dibutuhkan pengorbanan, karena kasih yang sempurna harus dibarengi dengan rasa tulus dan bersungguh-sungguh tanpa paksaan. Kasih yang sesungguhnya datang dari hati setiap insan. Kasih ada untuk kita, dan kita ada karena kasih.

Kasih untuk sang pencipta.Kasih dimana kita tetap setia dan tetap ingat kepada Sang Pencipta. Melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Sedangkan kasih sesama makhluk hidup merupakan kasih yang saling peduli, saling menjaga, saling berinteraksi, saling menghormati, dan saling menyayangi.

Kasih untuk benda-benda yang ada di sekitar kita. Kasih dimana kita tetap menjaga dan memelihara benda tersebut, membanggakannya dan tidak merusaknya. Intinya, kasih itu sesuatu yang bersifat positif dan tidak membawa kepada kehancuran atau kerusakan. Semoga kasih selalu menyertai kita. Amin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar