Halo Assalamu'alaykum

Sabtu, 07 Desember 2013

KASUS ONLINE SHOP



Saya lihat iklan di ‘TB’ hari selasa malam tanggal 4 november 2013. Namun saya tertuju pada seller dengan nama ‘TC_77’ yang menjual camera D1100 warna merah. Saya langsung telp no 085756439929( no si penjual penipu). Saya diminta transfer sebesar 2,4 juta, saya diminta transfer uang itu buru-buru karena katanya agar pengiriman bisa cepat dikirim.

Kami beberapa hari sempat lost contact dengan dia (pihak penipu) hari kamis tanggal 6 november 2013 jam 12.44 dia sms dengan no baru xxxx86431838 dia bilang katanya transfer bisa 50% dulu lalu 50% nya lagi bisa transfer setelah barang yang dikirim sampai ketangan saya. jumat tanggal 7 saya transfer ke bank Rp.1.200.000,- dengan no rek : xxxx-01-001609-50-7 cabang tegal dengan nama ‘WS’ dia bilang dia orang batam, dia punya toko camera 77 di jakarta pusat. setelah beberapa jam transfer dia telepon saya dia memburu saya agar melunasi pembayaran 50%nya lagi, sedangkan perjanjian awal dia bilang pembayaran 50% nya lagi dilakukan setelah barang (kamera) telah sampai ditangan saya.

Setiap hari dia menguhubungi saya untuk segera melunasi 50%. sehingga tiba hari senin tgl 11 novemer 2013 jam 09.30 saya transfer uang lagi kepada pihak dia Rp.1.200.000,- lagi karena dia bilang sebelumnya bahwa kamera yang saya pesan sudah ada di daerah kabupaten bandung tetapi anehnya setiap saya meminta no resi pengiriman barangnya dia tidak pernah memberinya dengan alasan dia takut ada pertukaran barang.


Analisis:
Menurut saya sebaiknya dalam membeli barang-barang di onlineshop sebaiknya hanya barang yang harganya tidak terlalu mahal, kalaupun ingin barang-barang mahal atau barang elektronik sebaiknya membeli di onlineshop yang sudah dikenal banyak orang dan terpercaya atau kenal dekat ownernya. Agar lebih aman lagi selidiki identitas dan minta alamat lengkap owner onlineshop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar